Jumat, 30 Maret 2012

G-20 Mendukung Solusi Eropa Tentang Penanganan Krisis

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, negara-negara di Eropa sedang bergelut dengan krisis. Sebagian besar diantaranya menghadapi krisis utang yang cukup memprihatinkan. Hal yang cukup aneh menurut kami adalah beberapa negara mencoba menyelesaikan utangnya dengan utang yang baru lagi. Tentunya hal ini akan membuat utang baru semakin menumpuk.

Negara – negara yang tergabung dalam G-20 menyambut baik dan memberikan dukungan terhadap strategi Eropa dalam menyelesaikan masalah krisis. Pihak G-20 pun memberikan atau meminta salinan rencana pasti apa yang akan dilakukan oleh negara-negara Eropa.

Kemarin, pimpinan Eropa mengemukakan strateginya dalam pertemuan menteri keuangan dan pimpinan bank sentral dari G-20 di Paris. Mengingat situasi ekonomi dunia yang saat ini tengah melambat, mereka sepakat untuk segera menyelesaikan strategi yang disusun pada pertemuan 23 Oktober mendatang di Brussels. Mereka juga berencana untuk memaksimalkan dana bailout untuk memuluskan rencana ini dengan dana 440 miliar euro (611 miliar dollar AS).

G-20 berjanji akan menyokong kapitalisasi perbankan dan membuat pasar finansial stabil. Selain itu, pemimpin dunia juga mempertimbangkan untuk menyokong aksi Eropa tersebut dengan tambahan dana dari Dana Moneter Internasional IMF.

“IMF memiliki sumber finansial yang cukup besar. Kami akan mendukung penggunaan dana yang ada tersebut secara komprehensif dikombinasikan dengan strategi dan sumber daya yang ada di Eropa,” jelas Timothy F Geithner, Menteri Keuangan AS di Paris.

Para pimpinan G-20 akan kembali menggelar pertemuan di Cannes, Prancis. Menurut G-20, perekonomian dunia saat ini tengah mengalami ketegangan dan risiko perlambatan pertumbuhan yang harus segera diatasi.

sumber :
http://www.sumber-artikel.com/g-20-mendukung-solusi-eropa-tentang-penanganan-krisis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar